Istri Mengomel, Bersabarlah

Bismillah walhamdulillah…
Diriwayatkan,pada zaman Khalifah Umar bin Khatab ada seorang laki-laki mempunyai istri yang cerewet dan suka mengomel. Ibaratnya, jika si suami bicara sekecap maka istrinya menjawab dengan 5 sampai 10 kecap (pokoknya berlipat-lipat lah). Hal ini membuatnya stres, tertekan dan marah sehingga si suami ini ingin sekali menCURahkan HATinya kepada seseorang yang dianggap mampu menyelesaikan persoalannya.
Akhirnya dia memutuskan untuk menemui Khalifah Umar dengan harapan mendapatkan nasehat ataupun petuah-petuah sebagai bekal menghadapi istrinya tersebut. Berangkatlah dia sehingga sampailah laki-laki ini didepan rumah Khalifah Umar. Baru saja dia mau mengetuk pintu, dari dalam rumah terdengar suara istri Khalifah Umar sedang marah-marah kepada beliau. Yang membuat dia heran, ternyata beliau tidak membalas kata-kata istrinya dan malah tertunduk diam saja. Mungkin dalam benaknya dia berpikir,”Umar bin Khatab, seorang yang sangat gagah pemberani, yang setan aja takut sehingga ketika berpapasan dengan beliau lebih memilih jalan yang lain koq tertunduk diam dihadapan istrinya yang sedang mengomel…?”
Demi melihat kejadian tersebut, laki-laki ini kemudian mengurungkan niatnya menemui khalifah dan berniat pulang. Akan tetapi sebelum dia beranjak pergi, keburu Khalifah Umar keluar dari rumah dan menanyakan maksud kedatangannya. Kemudian laki-laki ini menjawab:,”Saya kesini bermaksud mengadukan perilaku istri saya yang suka ngomel,tapi barusan saya ketahui Anda sendiri juga mengalaminya, jadi ya sudah saya pulang saja”.Kemudian Khalifah Umar berkata:”Wahai fulan, ketahuilah bahwa istriku lah yng telah menyediakan makan bagiku dan bagi anak2ku, dialah yang membersihkan dan menyiapkan bajuku dan anak2ku, dan dialah juga yang telah merawat dan mendidik anak2ku, padahal itu semua bukanlah kewajibannya. Jadi apakah pantas aku berlaku kasar kepada orang yang dengan tulus membantu menyelesaikan kewajiban2 ku? Demikian juga dengan istrimu, dia telah banyak membantu mengerjakan kewajibanmu. Jadi kalau istrimu sedang mengomel, dengarkan saja tidak usah dibalas nanti juga berhenti sendiri. Dia mengomel itu kan biasanya karena sedang capek, sementara kita sebagai suami kurang pengertian untuk membantunya…paham antum? “, demikian kurang lebih nasehat Khalifah Umar kepada tamunya ini.
Dari kisah ini ada beberapa kesimpulan:
1. Umar bin Khatab tertunduk diam ketika istrinya sedang mengomelinya bukanlah karena beliau seorang SUSIS (Suami Takut Istri) tapi dikarenakan iman dan pemahamannya terhadap ajaran Islam.
2.Seorang istri yang mempunyai kebiasaan mengomel bisa jadi karena kondisinya yang sedang capek, stres dalam menyelesaikan pekerjaan2 rumah (yg memang tiada habisnya). Tapi kalau gak ada angin gak ada hujan koq tiba2 ngomel?ya perlu diperiksakan lah…
3. Hendaklah seorang suami bersabar terhadap perilaku istrinya yang kadang tidak sesuai dengan keinginan kita. Dalam sebuah hadist diterangkan bahwa, Seoarng suami yang bersabar terhadap perilaku buruk istrinya maka dia akan mendapatkan pahala sabar sebagaimana yang didapat oleh Nabi Ayub AS.
Demikian, Kurang lebihnya mohon dimaafkan. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

tinggalkan pesan sebelum pindah ke halaman lain